Tips dan Cara Agar Lulus Tes Wawancara Kerja Lancar

Advertisement
Jika anda sekarang sedang mencari kerja, mungkin anda sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa lolos dan di terima di sebuah perusahaan. Banyak sekali syarat yang harus di penuhi untuk bisa menjadi pegawai baru di sebuah perusahaan apalagi perusahaan yang besar. Dari IPK, sampai foto copy yang lainnya adalah bagian dari syarat untuk masuk ke sebuah perusahaan, selain itu ada juga tes tulis dan tes wawancara.
Tips dan Cara Agar Lulus Tes Wawancara Kerja Lancar
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang gagal dalam tes ini, tes wawancara adalah bagian tes yang sering diselenggarakan bagi perusahaan yang membuat lowogan tempat kerja, terutama di sebuah perusahaan. Dari banyaknya orang yang gagal dari tes wawancara ini adalah karena orang tersebut belum mempersiapkan dengan matang ketika akan mengikuti ujian tersebut. Dan faktor lainnya yang mengakibatkan kegagalan dalam tes wawancara adalah belum tahunnya tes wawancara tersebut. Sebetulnya kunci dari tes wawancara adalah jujur dan juga hati yang tenang, karena kalau tegang pikiran anda akan tidak karuan dan mungkin saja ketika anda berbicara akan belepotan karena terlalu tegang.

Ada baiknya jika anda menanyakan pada orang yang sudah mengikuti tersebut, atau juga kepada orang yang sudah bekerja di perusahaan yang anda inginkan, anda bisa mendapakan info bagus dari mereka seputar tes wawancara. Tes wawancara adalah momok yang menakutkan bagi beberapa orang yang belum pernah mengikuti tes wawancara tersebut. Dan banyak sekali beberapa orang yang tidak lulus dan ada juga yang tidak siap untuk mengikuti tes wawancara tersebut. Yang penting dalam tes wawancara kita harus tenang dan mencoba untuk menjawab pertanyaan dengan apa adanya jangan di lebih lebihkan, untuk lebih detailnya di bawah ini ada beberapa tips untuk anda yang akan mengikuti tes wawancara.

1. Datanglah Lebih Awal
Ini jelas anda harus lakukan datanglah lebih awal pada perusahaan yang anda akan masuki, dengan begitu anda bisa menghafal dan menenangkan diri sebelum ujian dimulai, usahakan bawa barang atau apa saja yang bisa memnenangkan anda, dan bisa lolos dalam ujian tersebut. Dengan datang lebih awal, kepribadiaan anda bisa terlihat disana dan penguji mempunyai pemikiran bahwa anda adalah orang yang on time.

2. Siapkan Jawaban
Jika anda akan melakukan ujian wawancara, anda seharusnya sebelumnya bisa bertanya - tanya ke teman atau ke saudara apa saja pertanyaan yang akan di ajukan dalam tes wawncara tersebut, walaupun akan tidak sama tettapi 70% pertanyaa yang akan di ajukan selalu sama ujung - ujungnya.

3. Berpakaianlah Rapih dan Sopan
Bepakainalah baju yang formal dan sopan, karena para penguji bisa menilai anda dalam berpakaian, lebih baik memkain jas dan kemeja putih serta memakai dasi dan celana yang rapih, kalau anda tidak suka memakai jas anda bisa tidak memakainya dan hanya memakai kemeja dan celana panjang. Dengan berpakaian rapih juga kepribadian anda bisa di lihat oleh para penguji, sikap dan sopan santun anda bisa di pertaruhkan dalam berpakaian ketika tes wawancara.

4. Awali dan Akhiri Dengan Berjabat Tangan
Ini adalah sebuah tips yang tidak berguna menurut anda, tetapi jangan salah ketika kita berjabat tangan ada sebuah nilai dan sikap yang bagus dan bisa jadi anda akan ditilai dari sana sebagainnya. Jadi berjabat tanganlah dengan sopan untuk penguji.

5. Jujur Dalam Menjawab
Saat di tanya janganlah berlebihan dan jangan bertele - tele dan hal menjawab sebuah pertanyaan, jujur adalah sebuah kunci kita sukses yang kita bisa dapatkan ketika kita sedang menjalani tes wawancara. Dan cobalah berinteraksi dengan normal kepada para penguji saat wawancara. Dan jangan sekali - kali membuat kebohongan yang bisa mencelakakan anda, memang anda akan di terima di sana dengan cara berbohong, misalnya anda sudah pernah bekerja di seuatu perusahaan, padahal anda tidak pernah melakukan hal tersebut.

6. Jaga Emosi
Untuk anda yang mempunyai sifat cepat emosi ada baiknya jaga sifat tersebut pada sesi tes wawancara. Terkadang para penguji tes biasanya akan mengetes anda dalam segi psikologi seperti menannyakan sebuah pertanyaan yang bisa saja membuay emosi anda keluar. Nah jika anda terpancing oleh pertanyaan tersebut, secara tidak langsung anda sudah masuk ke perangakap pertanyaan yang sudah di buat oleh si penguji, dan tes wawancara anda pun akan berakhir di waktu itu juga.

7. Perhatikan Kontak Mata
Pada saat pewawancara memberika pertanyaan usahakan anda pandang matanya, dan berilah kesempatan dia memberikan pertanyaannya sampai habis baru anda berikan jawaban, pada saat anda menjawab pun usahakan untuk tetap menjaga kontak mata anda dengan pewawancara dan jangan terlihat bingung melihat ke berbagai arah, jika anda melakukan hal tersebut terlihat sekali bahwa anda tidak tahu jawabannya atau grogi. Oleh karena itu tidak jarang orang yang seperti gagal di tes wawancara.

8. Alasan Bagus Kenapa Anda Keluar Dari Perusahaan Sebelumnya
Ketika anda ditanya soal kenapa anda resign atau keluar dari perusahaan sebelumnya, usahakan untuk menjawab pertanyaan tersebut tanpa memberikan sifat negatif pada diri anda sendiri. Seperti contoh kesalahan menjawab pertanyaan tersebut yaitu misalnya karena anda melakukan kesalahan yang tidak diterima oleh perusahaan sebelumnya atau sudah bosan dengan pekerjaan di perusahaan sebelumnya. Jawaban tersebut tadi bisa membuat anda gagal dalam tes wawancara, berilah jawaban yang realistis dan ada sisi positif bagi anda sendiri.

Demikian tadi beberapa tips untuk anda yang sekarang akan mengikuti tes wawncara atau akan mengikutinya, sebenarnya tips di atas akan berjalan jika anda tenang dan tidak gugup saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh para penguji, karena dengan gugup semua hafalan atau ketika kita menjawab akan terlihat kikuk dan mungkin anda tidak bisa diterima di perusahaan yang anda inginkan. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Tips dan Cara Agar Lulus Tes Wawancara Kerja Lancar, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: Tips dan Cara Agar Lulus Tes Wawancara Kerja Lancar

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 17.38 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar