6 Tips Mendapatkan Rezeki Menurut Islam

Advertisement
Di dunia ini tidak ada yang gratis untuk mendapatkan yang kita inginkan, kita harus berusaha dengan baik dan benar yang tentunya ada di jalan Allah SWT, agar rezeki yang kita dapat bisa berguna bagi kita sendiri dan juga bagi orang lain. Bicara tentang rezeki pastinya semua orang ingin sekali rezeki yang halal untuk kebutuhan di kehidupan sehari - harinya. Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak sabar dan ingin mendapatkan rezeki yang instan tanpa anda pengorbanan dan usaha, dan hal tersebut sekarang banyak sekali terjadi di negara - negara di dunia termasuk di Indonesia. Kasus pembobolan bank pencurian sudah tidak bisa di elakan lagi terjadi di Indonesia, terutama di kota - kota besar yang tingkat ekonominya cukup tinggi memaksa para orang yang kekurangan rezekinya melakukan hal yang tidak baik, dan yang tidak di jalan islam untuk mendapatkan rezeki dari Allah SWT.
6 Tips Mendapatkan Rezeki Menurut Islam
Terkadang sebagai seorang manusia kita sering sekali membutuhkan hal - hal yang bisa membuat kita senang dan bahagia. Hal tersebut tidak lain adalah rezeki, dalam hal ini adalah uang. Akan tetapi rezeki tidak semua bersifat akan kekayaan atau yang lainya, rezeki juga bisa berupa kesehatan yang di berikan oleh Allah SWT, dan sudah sepantasny kita bersyukur dan berdoa kepadaNya. Dan banyak sekali varias orang - orang yang mendapatkan rezeki tersebut, ada yang lebih ada yang kurang. Sebagi seorang muslim yang taat pada aturan islam ketika seseorang mendapatkan rezeki yang lebih, seharusnya kita memberika sebagian rezeki kita untuk orang yang kurang mendapatkan rezeki tersebut. Dan untuk anda yang sekarang susah sekali mendapatkan rezeki berupa uang, mungkin anda harus membetulkan diri anda terlebih dahulu, ada beberapa step untuk mendapatkan rezeki menurut pandangan islam. Untuk itu di bawah ini ada penjelasannya untuk anda yang menginginkan rezeki anda dengan metode islam.

1. Berusaha dan Bekerja
Ini bagian pertama step dari cara mendapatkan rezeki dalam islam, selalu bersaha mendapatkan apa yang anda inginkan tidak pantang menyerah akan hal sesuatu yang menghalangi rezeki anda tidak turun ke tangan anda, nah di bawah ini ada penjelasan hal tersebut berdasarkan ayat dari salah satu surat di Alquran
“Kalau telah ditunaikan shalat Jum’at maka bertebaranlah di muka bumi dan ingatlah Alloh sebanyak-banyaknya agar kalian bahagia.” (QS. Al Jumu’ah : 10).

2. Taqwa
Arti taqwa sendiri yaitu mengerjakan apa yang Allah SWT Perintahkan dan juga menjauhi laranganNya, oleh karenanya jangan sekali - kali anda mencari rezeki anda dengan menggunakan cara yang kotor dan juga dilarang di agam islam, memang dengan cara tersebut anda bisa mendapatkan unag dengan cepat dan banyak, akan tetapi kedepannya anda tidak akan mendaptkan apa - apa. Nah di bawah ini ada penjelasnnya
“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath Thala : 2).

3. Tawakkal
Tawakal sendiri memiliki arti yaitu menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT, segala sesuatu yangada di diri anda adalah milikNya, anda tidak bisa proters atas apa yang anda dapatkan pada waktu sekarang besok ataupun waktu yang sudah lalu, anda hanya cukup mensyukurinya, karena Allah SWT sudah merencanakan sesutu untuk anda yang jauh lebih bagus ketimbang apa yang anda inginkan waktu itu. Nah di bawah ini ada penjelasannya.
”Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq : 3)

4. Bersabar dan Syukur
Ketika kita mendapatkann hasil yang tidak memuaskan atau juga lebih parahnya kita tidak mendapatkan apa ketika kita sudah membanting tulang untuk mendapatkan rezeki anda. Anda jangan sesekali menyalahkan Allah SWT, karena apa yang anda dapatkan pada hari itu, dan andapun senang akan hal tersebut, belum tentu Allah menyukai hal tersebut. Oleh karennya anda harus bersabar ketika tidak dapat rezeki dan juga syukur atas apa yang anda dapatkan. Di bawah ini ada penjelasnnya.
“Kalau seandainya kalian bersyukur, sungguh-sungguh Kami akan menambah untuk kalian (nikmat-Ku) dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzab-Ku sangat keras.” (QS. Ibrahim : 7).

5. Berinfaq / Sadaqah / Zakat
Rezeki yang sekarang adna dapatkan tidak sepenuhnya adalah milik anda, karena di bagian - bagian rezeki anda ada bagian orang lain yang harus anda infaqan dan juga bershadaqah. Akan tetapi anda harus mempunyai hati yang ikhlas untuk memberikan sebagian rezeki anda kepada orang lain. Di bawah ini ada sebuah penjelasan untuk hal tersebut.
“Dan apa-apa yang kalian infaqkan dari sebagian harta kalian, maka Allah akan menggantinya.” (QS. Saba: 39).

6. Mensyukuri Rezeki
Mungkin hal ini yang sering banyak orang lupa, ketika kita mendapatkan pelanggan atau barang yang kita jual laku keras kita sering langsung berfikir uang yang kita dapat akan di apakan, akan di belikan apa dibandingkan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, sebaliknya juga ketika kita mendapatkan peghasilan kecil, kita sendiri sering berfikir kenapa hal ini bisa terjadi ketimbang mengucapkan Alhamdullilah kepada Allah SWT. Mau itu kecil atau besar pendapatan kita ada baiknya kita syukuri rezeki tersebut. Allah berfirman, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ibrahim : 7) 

Nah itu tadi beberapa tips untuk anda yang susah untuk mendapatkan rezeki dan, semoga dengan tips diatas bisa menjadi inspirasi untuk anda, yang terpentin ketika mencari rezeki dari tuhan, anda tidak boleh putus asa untuk mendapatkannya, terus berdoa, dan berusaha atau ikhtiar dengan begitu rezeki pun akan cepat anda dapatkan. Selain itu banyak sekali orang yang tidak puas dengan rezekinya sendiri, karena mungkin saja rezekinya tidak sebanding dengan apa yang orang tersebut inginkan. Hal tersebut bisa menjadi petaka bagi orang tersebut dan orang lain, kerena jika orang tersebut mendapatkan pikiran yang negatif seperti punya pemikiran untuk mencuri sesuatu, tidak hanya dia yang rugi, orang lain pun bisa rugi. Oleh karena itu kuatkan iman anda untuk bisa terhindar dari bisikan setan yang bisa memicu anda untuk berbuat kejahatan pada orang lain atau pada anda sendiri. Terima kasih sudah mengujungi blog ini.
Advertisement
Description: 6 Tips Mendapatkan Rezeki Menurut Islam, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: 6 Tips Mendapatkan Rezeki Menurut Islam

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 05.56 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar