Tips Menyelamatkan Data Flashdisk Yang Kena Virus

Advertisement
Untuk anda yang sekarang sedang bekerja di kantor atau anda seorang mahasiswa pastinya menggunakan flashdisk atau FD sudah tidak asing lagi, dan FD juga bisa menjadi penyalur virus yang cukup banyak menjakit beberapa laptop, netbook, dan juga komputer, jadi ada baiknya ketika anda akan mengcopy file dari warnet, langsung saja copykan, dan jika sudah langsung cabut dengan aman, dan jangan teralalu lama membiarkan FD anda menancap di CPU warnet, karena secara tidak langsung virus bisa langsung masuk ke flashdisk anda, walaupun virus tersebut tidak terdetect oleh scanner antivirus di komputer warnet. Dan virus tersebut bisa beraksi ketika FD anda di tancapkan ke laptop atau komputer yang bersih.
Tips Menyelamatkan Data Flashdisk Yang Kena Virus
Selalu menggunakan opsi Safe Remove Hardware pada saat anda sudah selesai menggunakan FD adalah salah satu tips agar FD anda tetap aman dan bersih dari virus, selain itu juga selalu cek kesehatan FD di laptop atau komputer anda yang sudah dilengkapi dengan antivirus, terkadang pada saat FD ditancapkan ke komputer atau laptop yang sudah terinstall antivirus, software antivirus tersebut akan memberitahukan kepada anda bahwa FD anda terkena virus.

Jadi ada baiknya jika anda akan mengambil sebuah data dari warnet, anda bisa mengirimkan filenya ke email anda atau juga ke facebook, jika file tersebut memiliki size yang cukup kecil, dan di rumah anda bisa mengambilnya di komputer anda atau laptop anda, sekedar tips saja jika anda mempunyai sebuah flashdisk ada baiknya flashdisk anda dalam keadaan kosong, dan jangan terlalu lama menyimpan file dalam flashdisk, hal tersebut bisa mengundang virus masuk ke flashdisk anda. Apalagi file tersebut sangat penting bagi anda.

Jadi bagaimana jika data anda hilang tiba - tiba di dalam FD anda, ternyata ada beberapa cara untuk menyelamatkan data anda di dalam sebuah FD yang sudah terkena virus, selain menggunakan antivirus anda juga bisa menggunakan CMD dari window untuk menghilangkan virus di flasdisk anda, dan data anda pun bisa terselamatkan. Jika anda tertarik dengan tips ini di bawah ini ada beberapa cara yang ampuh dalam mengatasi hal tersebut.
  • Masukan FD anda ke komputer, jika autorunnya hidup di cancel saja.
  • Lalu buka FD dari explorer dengan cara mengklik kanan star anda dan pilih menu explorer
  • Buka Windows Explorer > Organize > Folder and search option > view 
  • Hilagkan tanda ceklis di Show Hidden Files, Folders, and Drives dan buang tanda ceklis pada Hide Protected  Operating System file, Hide Extension For Known Type File, dan Hide Empty Drives in Computer Folder, lalu klik ok 
  • Jika anda susah dalam menceklis karena di larang oleh system anda, anda bisa menggunakan tips yang lainya dengan membuka CMD, dengan cara mengklik star anda dan tulis sama CMD di kotak pencarian.
  • Maka akan muncul sebuha kotak hitam dan, lihat kembali FD anda berada di abjad apa di komputer, saya ambil contoh J, dan langsung saja ketik J di CMD tersebut. Seperti gambar di bawah ini.
  • Setelah itu ketik lagi sebuah rumus untuk mengembalikan file anda yaitu attrib -s -h /s /d, seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu tekan Enter dan wala file anda kembali lagi, yang termakan oleh virus
Nah itu tadi tips untuk anda yang filenya termakan oleh virus di dalam sebuah FD, dan ingin mengembalikan file tersebut dengan selamat, perhatikan setiap cara diatas tadi, agar virus di dalam flashdisk anda bisa terhapus, dan jika di dalam flashdisk anda ada sebuah file entah itu filenya besar atau kecil, ada baiknya anda simpan di laptop atau komputer anda sesegera mungkin agar file tersebut tidak menjadi sarang dari virus di flashdisk anda, dan terkadang tips diatas ada yang gagal juga, jadi tidak semua laptop atau komputer bisa melakukan tips diatas, tergantung file anda di hapus dengan durasi seberapa lama, jka sudah berbulan - bulan kecil kemungkinan file yang anda akan kembalikan lagi akan gagal.

Selain itu sekedar tips saja untuk anda yang sering memasukan FD ke komputer warnet atau laptop teman ada baiknya setelah mengirim file dari komputer atau laptop tersebut, segera pindahkan ke laptop atau hardrive anda sendiri, terutama yang dari warnet karena kita tahu bahwa komputer warnet di pakai semua orang dan tidak semua orang selalu menjaga kesehatan komputer atau FDnya masing - masing, oleh karena itu virus yang ada di dalam FD anda bisa saja dari FD orang lain yang dimasukan ke dalam komputer warnet, atau komputer warnet sendiri yang sudah terjangkit virus sebelumnya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Tips Menyelamatkan Data Flashdisk Yang Kena Virus, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: Tips Menyelamatkan Data Flashdisk Yang Kena Virus

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 03.14 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar