Tips Memilih Hardisk External Yang Baik dan Benar Agar Awet

Advertisement
Hardisk mungkin menjadi hal yang penting untuk anda yang mempunyai netbook atau komputer yang tidak mampu lagi menyimpan data anda yang berlimpah dan banyak. Dan bagi anda yang suka dengan mengoleksi game berat dengan size yang cukup besar, atau juga anda sering sekali menyimpan film yang cukup banyak, pastinya anda membuthkan runag pada drive anda untuk menyinmpan semua hal tersebut, bagi anda yang berfikiran untuk mengganti hardisk anda di dalam laptop anda atau komputer anda. Hal tersebut akan menyusahkan anda dan mungkin menambah ongkos menggantinya. Ada baiknya anda membeli hardisk portable yang mudah di bawa ke mana, dan mana dan juga mempunyai kelebihan space yang cukup luas unutk tambahan hardisk di dalam laptop atau komputer anda.
Tips Memilih Hardisk External Yang Baik dan Benar Agar Awet
Ada banyak pilihan hardisk yang bisa anda pilih sesuai dengan selera, dari harganya, dari merek, dan dari size yang di tawarkan. Ada baiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika file atau data yang di dalam laptop atau komputer anda masih bisa ada yang di hapus, maka pilihlah hardisk yang mempunyai size kecil, dan jika anda berfikir bahwa data atau file tersebut sewaktu - waktu bisa saja di gunakan dan tidak akan pernah di hapus, anda bisa memilih hardisk portable yang mempunyai size space cukup luas. 

Dan sekarang para ahli menciptakan hardisk portable yang cukup luas spacenya untuk anda, hardisk ini banyak sekali variasinya dan maksimal sekarang kapasitasnya yaitu 3TB. Itu cukup sekali untuk anda yang mempunyai data yang banyak dan bervariasi, Tetapi di berbagai toko banyak sekali hardisk portable yang palus alias yang abal - abal, oleh karena itu kita harus berhati - hati saat memilih hardisk, agar awt dan berguna untuk anda dalam jangka waktu yang panjang.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk anda menentukan hardisk portable yang baik dan bagus untuk anda yang mempunyai file yang bervariasi dan size yang besar - besar.

1. Kapasitas 
Anda harus memilih kapasitas dengan ruang yang cukup untuk anda, janganlah mnemilih ruang hardisk yang terlalu luas karena mubazir untuk anda, dan mungkin kedepannya akan terjangkit virus hardisk anda. Oleh karena itu pilihlah ruang hardisk yang cukup dengan banyaknya file anda. Dan sekarang hardisk portable di tunjukan untuk netbook yang memiliki ruang hardisk yang minimalis.

2.  Kecepatan Putaran Drive
Pilihlah hardisk yang mempunyai kecepatan putaran drivenya cepat agar proses membaca data anda tidak lambat, dan kecepatan putaran drive dinyatakan dengan rpm. dan umumnya putaran drive dalam hardisk itu normalnya yaitu   5400rpm.

3. Besar Buffer atau Cache 
Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang dapat dikerjakan oleh drive saat menunggu request selanjutnya dari sistem. besarnya buffer berkisar dari 2mb – 16mb. makin besar ukuran buffer, makin banyak data yang dapat disimpan serta makin cepat pengantaran datanya. tetapi makin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk portable, akan makin mahal juga harga harddisk portable tersebut.

4. Fitur Recovery Data
Pilihlah hardisk yang memiliki fitur untuk bisa mengcovery data anda, yang mungkin sewaktu - waktu data anda rusak atau hilang tanpa sebab atau hilang akibat virus yang menyerang hardisk anda, atau juga dari asupan listrik yang tiba - tiba datang ke hardisk anda.

5. Mempunyai Kemampuan Plug and Play
Maksudnya hardisk yang anda akan pilih mempunyai sistem yang akan di colokkan ke lubang USB tanpa driver tambahan, jadi artinya otomatis bisa membaca komputer atau laptop anda saat di colokkan ke usb di laptop anda.

6. Merk Dari Hardisk Portable
Mungkin ini adalah salah satu cara mudah untuk menentukan jenis hardisk portable yang bagus, anda tinggal lihat atau pilih hardisk yang mempunyai brand atau merk terkenal terutama untuk hardisk portable. Sama seperti membeli sebuah ponsel pastinya anda akan memilih brand atau merk yang sudah lama dan terkenal tahan lama walaupun harganya tinggi, dibandingkan dengan ponsel yang mempunyai spesifikasi tinggi namun dengan brand atau merk yang belum terlalu terkenal dan tidak tahu sampai mana ketahanan ponsel tersebut. Nama mrek dan harga sangat mempengaruhi ketahanan sebuah hardisk portable, maka dari itu pilihlah beberapa brand atau merk terkenal pada hardisk portable seperti Buffalo, Western Digital, Samsung, Sony, Toshiba dan Xtreamer.

Mungkin itu beberapa tadi tips untuk memilih harisk portable yang baik dan bagus, sekedar tips saja bagi anda yang akan memilih hardisk portable pilihlah merek hardisk portable yang sudah terkenal, karena ada beberapa hardisk portable yang memiliki size cukup luas dengan harga murah tidak sebanding dengan sizenya, cepat rusak. Jadi pada intinya jangan tertipu dengan harga, dan pilihlah hardisk portabel sesuai dengan kebutuhan anda, jika anda membeli hardisk tersebut untuk menyimpan file saja, maka anda bisa membeli hardisk yang mempunyai spek biasa dan harga yang murah. Akan tetapi jika anda membeli hardisk portable tersebut untuk menyimpan sekaligus memainkan sebuah video contohnya, ada baiknya anda membeli hardisk yang mempunyai space luas, dan dari merek yang terkenal, akan tetapi harganya pun akan tinggi.

Sekedar tips saja bagi anda yang mempunyai hardisk external yaitu selalu mencabut kabel Hardisk ketika sudah selesai dengan memilih opsi “Safe Remove Hardware”. Seperti halnya anda menggunakan FD dengan mengklik opsi tersebut cahce memory akan terhapus sehingga data yang sudah di copy atau di cut pada hardisk tidak akan rusak. Selanjutnya jangan terlalu sering mencabut dan memasukkan kabel USB ke laptop atau komputer karena gesekan yang cukup intens pada tembaga kabel USB bisa membuat kepala konektor menipis dan bisa saja hardisk anda tidak terbaca oleh laptop atau komputer.
Advertisement
Description: Tips Memilih Hardisk External Yang Baik dan Benar Agar Awet, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Tips Memilih Hardisk External Yang Baik dan Benar Agar Awet

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 03.04 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar