8 Tips Melatih Anak Cepat Hafal Alquran Dengan Baik Dan Benar

Advertisement
Alquran adalah sebuah buku yang melebihi buku apapun isinya, dan isinya itu berisi petunjuk dari Allah SWT untuk kehidupan yang lebih baik di dunia ini dan di akhirat nanti. Selain membacanya ada juga yang menghapalkanya secara fasih dan benar, dan di beberapa tempat sering mengadakan lomba menghafal alquran secara besar - besaran. Tetunya anak anda yang sedang berumur masih kecil ingin sekali dia bisa menghafal alquran secara fasih, tetapi anda sering susah untuk mengaturnya.
8 Tips Melatih Anak Cepat Hafal Alquran Dengan Baik Dan Benar
Tidak hanya lancar membaca alquran, akan tetapi ada baiknya anda menceritakn makna dari alquran tersebut, karena semau rangkaian hidup di dunia ini ada semau di balik bacaan alquran, anak - anak pun suka degan cerita, mereka akan mendengarnya dan semoga kedepannya ketika anak anda sudah besar, mereka bisa mengamalkan apa yang di ajarkan dari bacaan alquran tersebut. Tidak terlalu terburu, dan harus banyak menghafal, cukup mmembacaya di depan anak anda secar rutin setiap harinya, anak anda pun secara tidak langsung lama kelamaan akan mengikuti bacaan anda.

Sebetulnya ada banyak sekali yang praktis untuk mengajarkan anak anda menghafal alwuran secara fasih dan benar, yang penting anda mengajarkan setahap demi setahap karena anak sukar sekali bosan akan sesuatu mereka ingin yang baru dan baru di dalam kehidupannya. Jika anak anda sudah hafal beberapa ayata dalam alquran, anak tersebut akan keterbiasaan untuk mengahafal alquran terus menerus di kehidupannya yang dewasa.

Untuk anda yang ingin anaknya bisa menghafal alquran, di bawah ini ada beberapa tips untuk anda agar anaka anda bisa menghafal alquran secarfa baik dan benar.

1. Cara Menghafal 
Hal yang pertama anda pikirkan yaitu bagaiamana cara mengahafal alquran tersebut pada anak anda, atau dengan metode apa anak bisa cepat menyerap isi alquran, tipsnya mungkin dan bisa menggunakan metode penhafalan satu ayat penuh , atau jika ayat tersebut panjang dan susah untuk di hafalkanya anda bisa membagi jadi beberapa bagian dari ayat tersebut. Cukup satu hari satu ayat untuk anak anda.

2. Tentukan Waktu Penghafalan
Waktu penghafalan si anak harus teratur di karenakan anak tersebut kedepannya akan terbiasa pada waktu tertentu bisa menghafal alqurannya. Dan jangan terlalu di kebut anak anda dalam penghafalan alquranya cukup seminggu 3 kali tetapi dalam seminggu itu anda terus menerus mengulangi ayat yang akan di halfalkanya.

3. Mengatasi Bosan
Namanya anak sering bosa jika terus menerus menggeluti satu hal, anda bisa diselengi dengan bermain game atau menceritakan sebuah cerita yang dia sukai. Atau juga anda bisa bermain sejenak dengan anak anda untuk menghilnagkan rasa bosannya saat penghafalan alquran.

4. Meningkatkan Konsentrasi Anak
Jika anak sudah tidak bisa konsentrasi selingi dengan apa yang dia suka akan tetapi jangan terlalu banyak langsung hafal lagi alquran yang dia sedang hafal, dan anda coba bantu pengahafalannya sdikiti demi sedikit hal tersebut bisa membantu konsentrasi anak anda.

5. Menambahkan Hafalan Berkali Kali 
Hal ini bisa anak anda lakukan jika anak anda sudah menghafal beberapi hari kedepan dan anaknya juga sudah nyaman dalam penghafalanya, oleh karena itu anda bisa menambah hafalannya dari satu ayat menjadi dua ayat. Akan tetapi jangan terlalu berat pada penghafalanya cukup naikan satu ayat.

6. Sering - Sering Mendengarkan Murattal Al-Quran
Anda bisa menggunakan mp3 atau menggunakan hp untuk memutar Murattal Al-Quran pada buah hati anda, dengan mendenagarkan sesering insyallah anak anda pun akan cepat untuk mengapal Alquran terlebih lagi jika anak anda selalu mendengarkan orang yang Murattal Al-Quran pengucapan dan pelafalan huruf - huruf pada ayat Alquran lebih detail dan jelas, jadi anda tidak capek dua kali.   

7. Menggunakan Strategi Mind Mapping
Selanjutnya ada cara untuk membuat anak cepat menghafal Alquran yaitu dengan menggunakan Mind Mapping, mind mapping sendiri adalah salah satu strategi penghafalan pada anak yang mungkin sekarang banyak digunakan di beberapa sekolah seperti SD dan juga TK. Mind Mapping sendiri mempunyai keuntungan yaitu 5 lembar cerita atau 5 halaman menjadi satu halaman yang diganti dengan sebuah gambar plus garis atau petunjuk untuk setiap kelanjutan gambarnya, bagi anda yang akan baru saja mengenalkan huruf - huruf Alquran mind mapping ini sangat cocok sekali untuk anak anda, kreasikan dengan gambar yang bisa membuat anak anda menjadi tertarik.

8. Perhatikan Asupan Makanan 
Tidak hanya pada proses penghafalannya saja asupan makanan untuk anak anda pun harus di perhatikan, cobalah memilih makanan yang memang mempunyai zat atau vitamin untuk kemampuan memori otak. Salah satu makanan yang baik untuk memori otak yaitu ikan salmon atau bayam, dua item tersebut sangat bagus sekali diberikan pada anak yang masih belia. Seperti yang kita ketahui di masa usia dini anak sangat membutuhkan sekali asupan gizi dan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan badannya terutama untuk otak, agar kedepannya anak anda menjadi anak yang pintar serta mempunyai sifat yang baik dan yang paling penting bisa membanggakan anda sendiri sebagai orang tuanya.

Itu tadi ulasan mungkin tips bagaiamana menjadikan anak kita bisa menghafal alquran yang baik dan benar, mungkin bisa di bilang jarang sekali anak - anak pada zaman sekarang bisa menghafal alquran, karena kebanyakan orang tua dari anak tersebut memilih mengsekolahkan anaknya ke sebuah sekolah internasional yang bisa menciptakan anak pandai berbahasa asing, dan pengetahuan yang luas. Memang sah - sah saja anak anda bisa kedua hal tersebut, akan tetapi pelajaran agamanya sendiri jangan di tinggalkan, karena anda tahu pada akhirnya semua yang ada di dunia ini akan hancur dan kembali kepada Allah SWT. Terima kasih sudah mengujungi blog ini.
Advertisement
Description: 8 Tips Melatih Anak Cepat Hafal Alquran Dengan Baik Dan Benar, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: 8 Tips Melatih Anak Cepat Hafal Alquran Dengan Baik Dan Benar

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 01.34 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar