Ini Dia 8 Waktu Doa Yang Mustajab Dan Akan di Kabulkan

Advertisement
Keinginan adalah sebuah hal yang mutlak dimiliki oleh semua orang di dunia, selain kita harus berkerja keras untuk mendapatkannya. Doa pun harus di panjatkan karena hanya doa yang memutuskan keinginan tersebut bisa terwujud atau malah gagal, agama Islam adalah salah satu agama yang ada di Indonesia. Dan banyak sekali pemeluk agama ini, di dalam ajarannya banyak sekali aturan berdoa dan ada juga waktu - waktu doa yang akan di dengar oleh Allah SWT, dan pasti akan  terkabul olehnya.
Ini Dia 8 Waktu Doa Yang Mustajab Dan Akan di Kabulkan
Jika kita mempunyai keinginan yang ingin kita punyai mintalah kepada Allah SWT, janganlah terus menerus berkerja dengan keras dan membiarkan doa begitu saja, karena Allah benci terhadap orang yang enggan untuk meminta kepadaNya.“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60).

Ketika kita sedang susah atau ketika kita ingin sesuatu maka mintalah kepada Allah SWT, dan ketika kita sedang berdoa meminta sesuatu ada baiknya kita percaya bahwa yang kita doakan akan terkabul dan tidak ada pikiran sekecil pun doa kita tidak akan di kabulkan, dan seharusnya kita menjauhkan perasaan dengki kepada seseorang atau perasaan iri akan hal sesuatu.

Adapun waktu - waktu yang mustajab bagi anda yang ingiin doanya terkabul oleh Allah SWT, salah satunya yaitu saat sesudah shalat fardu, banyak orang yang tidak mementingkan doa ini karena banyaknya tugas atau banyaknya pekerjaan yang tidak bisa di biarkan, padahal doa adalah hal yang sangat penting bagi anda yang ingin hidup yang lebih bagus di dunia ini. Nah di bawah ini adalah beberapa waktu yang mustajab saat berdoa.

1. Pada Hari Jumat
Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: “Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: 'Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta'. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu'anhu). Dan waktu yang bagus saat jumat yaitu ketika adzan berkumandang.

2. Ketika Turun Hujan
Ketika hujan turun kebanyakan orang membenci hal tersebut, padahal hal itu adalah rahmat Allah sedang turun kebumi, jadi berdoalah ketika hujan, dan Allah akan mengabulkannya.“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078).

3. Ketika Sujud di Dalam Shalat
Berdoalah ketika kita sedang sujud di dalam shalat, karena doa tersebut akan di dengar oleh Allah SWT, dan kebanyakan orang ketika sujud dalam shalat selalu terburu - buru, orang tersebut sangat rugi karena telah melewatkan doa yang akan terkabul. Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482).

4. Ketika Berbuka Puasa
Kebanyaka orang yang berbuka puasa langsung menyantap hidangan yang sudah di persiapkan, hal tersebut termasuk orang yang rugi karena waktu berbuka adalah salah satu waktu yang akan di kabulkannya doa anda. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam: “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi).

5. Pada Malam Lailatul Qadar
Perbanyaklah doa ketika malam tersebut, karena malam tersebut adalah malam yang di mulyakan oleh Allah SWT, seperti yang kita tahu mala tersebut sering kita sebut dengan malam seribu bulan. Seorang sahabat nabi pernah bertanya saat malam Lailatul Qadar, aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah: Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa Fa'fu 'Anni ('Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku')”(HR. Tirmidzi, 3513, ia berkata: “Hasan Shahih”).

6. Doa Diantara Adzan dan Iqamah
Mingkin beberapa orang belum tahu bhw diantara adzan dan iqamah ada sebuha keuntaman yang sangat bagus yaitu di ijabahnya sebuah doa, oleh karena itu ketik anda sedang dalam keadaan tersebut ada bagusnya panjatkan doa atau keinginan anda di kehidupan sekarang. Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. ( HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi )

7. Ketika Akan Salam di Shalat Wajib
Selian ketika sujud, doa yang paling terkabul yaitu pada saat sebelum akan salam di shalat wajib. Dan hal yang satu ini sangat jarang sekali banyak orang menetahuinya, mereka yang diburu dengan waktu terkadang langsung saja membereskan shalat mereka dengan salam tanpa meminta doa terlebih dahulu pada saat akan salam di dalam shalat wajib. “Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi, 3499)

8. Ketika Tidur Dalam Keadaan Suci
Waktu doa mujarab selanjutnya yaitu pada saat anda tidur dalam keadaan suci lalu bangun di tengah malam dan membaca doa yang ma'tsur  (Doa yg datang darii Nabi Muhammad Saw), ” Tidaklah seseorang hamba tiidur dlm keada’an suci lalu terbangun pd malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan duniat atau akherat melainkan Alloh akan mengabulkan-nya ( HR. Ibnu Majah)”. Jadi jika anda sering bangun di tengah malam entah itu terbangun dengan sendiri atau ada hal lain yang membuat anda terbangun ada baiknya jangan langsung tidur kembali berdoalah meminta petunjuk untuk urusan dunia dan akherat dan ada baiknya anda lanjut dengan mengambil air wudhu serta shalat tahajud.

Nah itu tadi beberapa waktu doa yang akan terkabul oleh Allh SWT, sebenarnya ada banyak sekali waktu doa yang terkabul, anda bisa mencarinya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Ini Dia 8 Waktu Doa Yang Mustajab Dan Akan di Kabulkan, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Ini Dia 8 Waktu Doa Yang Mustajab Dan Akan di Kabulkan

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 03.46 Kategori:

1 komentar: