Kerugian Tidur Sesudah Shalat Subuh !

Advertisement
Ini adalah kebiasaan orang indonesia terutama para kaum remaja yaitu tidur selepas solat subuh, karena solat subuh adalah solat yang kebanyakan susah di tangkal karena sedang enak - enaknya tidur. Tetapi Nabi pernah berbicara bahwa orang yang susah untuk solat isya dan subuh adalah orang yang munafik dan di benci oleh Allah SWT. Jadi apakah baik kita bangun tidur dan melakukan solat sobuh lalu tidur lagi. Menurut Islam hal tersebut sangat tidak di anjurkan karena waktu subuh itu harus nya kita mempersiapkan segala sesuatu untuk mendapatkan rezeki darinya dan bersiap untuk pergi ke sekolah untuk mendapatkan ilmu.
Kerugian Tidur Sesudah Shalat Subuh !
Dan orang - orang pada zaman nabi waktu dulu sangat membenci orang yang tidur pada waktu subuh sudah selesai, mereka mengatakan bahwa orang - orang rugi yang tidur pada waktu tersebut. Dan kalau di lihat dari prilaku seseorang yang tidur selepas subuh itu rata - rata orang yang mempunyai sifat pemalas. Ibnul Qayyim pernah mengatakan begini “Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan." Jadi sangatlah jelas hukum dari tudur sesudah shalat subuh.
Adapun waktu tidur yang baik menurut ajaran Islam yaitu,
  • Tidur ketika anda perlu untuk tidur
  • Tidur di awal malam lebih baik daripada tidur sesudah melewati jam malam
  • Tidur di siang hari lebih baik daripada di pagi hari atau di waktu sore.
Para salaf mengatakan bahwa tidur yang tidak di anjurkan yaitu tidur sesdah salat subuh karena pada saat itu pintu rezeki di buka dan pada waktu itu pahala yang berlimpah sedang naik naiknya di berikan pada orang tidak tidur oleh Allah SWT.  (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah) mengatakan bahwa, "waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rezeki dan datangnya barokah (banyak kebaikan)”.

 Adapun bahayanya jika kita melakukan tidur sesudah solat subuh yaitu :
  • Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur'an dan As Sunnah.
  • Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush soleh
  • Tidak akan mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.
  • Menimbulkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.
  • Menghambat datangnya rezeki.
  • Menimbulkan berbagai penyakit badan, di antaranya yaitu melemahkan syahwat.  
Nah bagaimana sudah jelas penjelasan tadi tentang bahayanya tidur sesudah solat subuh jika di pandang dari ajaran Islam, dari segi kesehatan pun sangat tidak bagus untuk di lakukan, dan untuk masa depan anda juga jika anda terus melakukan hal tersebut yaitu tidur sesudah shalat subuh bisa membuat anda malas dan rezeki anda pun bisa hilang dimakan oleh orang lain yang rajin. Semoga artikel tadi bisa bermanfaat untuk anda.

Salah satu hal yang membuat anda tidak ingin beranjak di tempat tidur pada pagi hari adalah rasa malas yang berlebihan, padahal ada hal yang sangat wajib ketika waktu pagi datang yaitu shalat subuh, tidak sedikit orang yang lupa melaksanakan kewajiban salat subuh karena rasa malas atau juga bangun dari tidurnya yang kesiangan, oleh  karena itu kurangi aktivitas pada malam hari dari usahakan untuk menyelesaikan sesegera mungkin akitivitas malam hari agar tidur pun tidak terganggu dan pas. Selain itu salah satu penyakit anak muda atau orang dewasa sekalipun pada zaman sekarang adalah begadang. Jadi ada baiknya kebiasaan tersebut dihilangkan untuk kebaikan anda sendiri. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. 
Advertisement
Description: Kerugian Tidur Sesudah Shalat Subuh !, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: Kerugian Tidur Sesudah Shalat Subuh !

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 16.52 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar