Mimpi Seorang Manusia Menurut Pandangan Islam

Advertisement
Pada dasarnya setiap manusia pastinya ketika tidur bermimipi sesuatu, bahkan tidak hanya manusia yang bisa bermimpi beberapa hewan pun bisa bermimpi ketika mereka sedangn tidur. Dan kebayakan orang sering membaut kesimpulan tersendiri bahwa ketika dia bermimpi sesuatu, hal tersebut bisa terjadi di kehidupan nyatanya di kehidupan sehari - hari. Dan beberapa orang tersebut percaya akan hal tersebut. Maka timbulah sebuah pertanyaan, bagaimana pandangan dari islam bagaimana tentang sebuah mimpi yang ada di beberapa tidur manusia. 
Mimpi Seorang Manusia Menurut Pandangan Islam
Karena terkadang ketika kita mimpi diberi sesuatu yang spesial dari seseorang, dan ketika anda sedang ada di dunia nyata, anda pun medapatkan hadiah tersebut persis seperti pada mimpi anda. Atau juga sering sekali seseorang membuat hajatan, karena sewaktu malam dia memimpikan orang tua atau suaminya yang sudah meninggal. Sebenarnya masih banyak perdebatan dalam hal tersebut, akan tetapi kembali lagi pada anda yang memimpikannya, apakah anda percaya akan mimpi anda semalam atau anda menyerahkan semaunya ke tangan tuhan yang sudah memberikan mimpi seperti itu.

Sebenarnya ada tiga jenis mimpi di dalam tidur manusia, mimpi tersebut yaitu, mimpi nyata, mimpi dari setan, dan mimpi kosong. Akan tetapi di kehidupan kita sehari - hari ada dua mimpi, yaitu mimpi yang menyenangkan atau jug mimpi yang biasa saja, dan juga mimpi buruk, ini adalah sebuah mimpi yang tidak disukai oleh beberapa orang, oleh karenanya ada baiknya anda harus berdoa sebelum dan sesudah tidur agar bisa di jaga oleh Allah SWT, ketika anda sedang tidur. Menurut ilmunya mimpi bisa terjadi demikian karena kehidupan anda di aplikasikan ke sebuah mimipi, jadi intinya dari kehidupan anda bisa mempengaruhi mimpi anda ketika anda sedang tidur.

Nah di bawah ini ada beberapa pilihan pandangan dari islam untuk mimpi seseorang ketika tidur.

1. Ar-ru’ya ash-shalihah (Mimpi yang benar)
Mimpi ini bisa terjadi kepada orang yang beriman kepada Allah dan juga ke pada seorang mukmin yang selalu mengerjakan apa yang telah di tulis dan di alquran dan hadits serta menjauhi larangan - larangan yang telah di tulis di alquran dan juga di hadits. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada sebuah hadits yang menerangkan sebuah mimpi ini.
"Mimpi seorang mukmin merupakan satu bagian dari 46 bagian nubuwwah/kenabian." {HR.Bukhari dan Muslim}.

2. Al-hulm (Mimpi dari setan) 
Biasanya mimpi ini bisa terjadi kepada orang - orang yang sering melaksanakan amal yang buruk dan juga hal - hal yang di kerjakan di dunia ini tidak sejalan dengan alquran dan hadits, dan juga sering melaksanakan yang haram bukan menjauhinya. Atau juga hanya mimpi biasa yang kebetulan anda mendapatkan mimpi buruk. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya anda berdoa sebelum dan seudah tidur anda, nah di bawah ini ada sebuah ayat alquran yang menerangkan mimpi ini.
“Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu dari setan, dengan tujuan agar orang-orang beriman itu bersedih hati….” [QS.al-Mujadilah: 10].

3. Adhghatsul ahlam (Mimpi yang kosong)
Mimpi ini dilihat oleh seseorang dalam tidurnya sebagai cermin dari keinginannya atau apa yang terjadi pada dirinya dalam hidupnya. Kebanyakan orang bermimpi sesuatu yang menjadi bisikan hatinya, yang memenuhi pikirannya ketika terjaga, dan sesuatu yang berlangsung pada dirinya saat terjaga. Mimpi yang seperti ini tidak ada hukumnya. Dan hanya mimpi - mimpi orang yang biasa saja dan normal terjadi di setiap manusia ketika sedang tidur.

Mungkin itu tadi beberapa penjelasan sebuah mimpi yang kita semua rasakan ketika tidur, dan juga bagaimana jika mimpi tersebut dikaitkan dengan pandangan islam, pada dasarnya jangan terlalu berharap ketika anda memimpikan sesuatu yang positif, karena terkadang mimpi hanyalah sebuah mimpi dan jarang terjadi di kehidupan nyata, akan tetapi sebaliknya jika anda memimpikan sesuatu yang buruk yang ada hubunganya dengan kehidupan anda, bukanya kita percaya akan tetapi ada baiknya kita selalu hati - hati di kehidupan kita, agar bisa mendapatkan hal yang lebih baik lagi.

Dan selalu ambil sisi positifnya ketika kita mendapatkan mimpi buruk, bukanya kita percaya bahwa mimpi tersebut bisa terjadi di kehidupan kita, seperti misalnya kita mimpi kemalingan. Ambil sisi positifnya jadi anda harus lebih extra protect pada barang anda dan juga keselamatan jiwa anda ketika akan pergi keluar rumah atau sedang di jalan yang ramai. Terkadang beberapa masyarakat di kita sering sekali percaya terhadap hal yang berbau seperti mimpi, yang terkadang malah mereka menjadi kesusahan akibat mimpi tersebut. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.  
Advertisement
Description: Mimpi Seorang Manusia Menurut Pandangan Islam, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: Mimpi Seorang Manusia Menurut Pandangan Islam

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 17.20 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar