Solusi Untuk Komputer Yang Sering Restart Sendiri

Advertisement
Apakah anda sedang mengerjakan tugas dengan bantuan sebuah komputer, hal tersebut sangat bagus untuk anda karena dengan komputer kita bisa mempercepat kerja kita dalam hal mengerjakan tugas. Tetapi jika komputer kita tiba - tiba mati dan hidup lagi dan begitu seterusnya, hal tersebut pastilah menyebalkan. Hal tersebut bisa terjadi karena daya listrik anda sedang naik turun ataupun ada debu yang sudah menumpuk di power suplay anda, mengakibatkan komponen dalam komputer seperti motherboard menjadi panas dan mematikan semua aktivitas komputer dengan sendirinya.
Solusi Untuk Komputer Yang Sering Restart Sendiri
Selain alasan dari diatas tadi, ada alasan lain yang bisa membuat komputer anda bisa merestart anda sendiri, salah satunya adalah jika anda bermain game dengan grafik yang tinggi dan juga size dari game tersebut sangat tinggi, sedangkan laptop atau komputer anda sendiri tidak sampai memenuhi spesifikasi dari game tersebut, dan terjadi over heit atau yang disebut dengan terlalu panas, hal tersebut bisa memicu terjadinya laptop atau komputer merestart, dan jika di biarkan begitu, atau juga di paksa, komponen laptop anda bisa rusak terutama dari mother boardnya.

Oleh karena itu kita harus membersihkan cpu kita agar terhindar dari hal tersebut dan bisa membersihkan debu yang masuk ke dalam sebuah komputer, selain itu untuk jaga - jaga anda bisa menggunakan ups untuk menghindari naik turunnya sebuah tegangan listrik di rumah anda. Selain tips tadi di bawah ini ada beberapa tips untuk anda agar komputer anda tidak merestart sendiri sewaktu di operasikan.

1. Jika Power Supply Rusak
Coba bonkar cpu anda dan bonkar juga power supply anda, dan jika anda menemukan kotoran seperti debu anda bersihkan, biasanya debu tersebut menempuel di kipas, dan jika bersih coba anda nyalakan dan lihat lampunya jika berkedip - kedip. Artinya anda harus membeli yang baru karena power supply anda sudah tidak bisa di gunakan dalam janka panjang.

2. Faktor Window Rusak
Window juga bisa termasuk kedalam golongan yang memicu komputer kita restart sendiri, biasanya ketika loading untuk membuka jendela desktop komputer anda tiba - tiba mati sendiri dan menyala lagi. Unutuk solusinya anda bisa menginstall ulang window anda dengan yang baru, dan hal teresebut bisa terjadi juga jika window dari laptop atau komputer anda, terserang oleh virus yang sangat mematikan, sampai komputer anda harus dipaksa merestart sendiri.

3. Faktor Memori (Bad / Low)
Ini bisa terjadi jika anda sedang asik bermain game dan tiba - tiba komputer anda merestart sendiri, hal tersebut bisa terjadi karena memori dalam komputer anda tidak cukup menampung besarnya game. Solusinya anda bisa membeli memori yang bagus dan dengan kapasitas yang besar, atau juga uninstall game tersebut dan cari lagi game yang cocok untuk komputer anda.

4. Prosesor Panas
Ini juga bisa menjadi sebuah faktor menyebabkan komputer anda mati dan hidup lagi. Faktor ini sangat berbahaya karena prosesor adalah otaknya komputer jika prosesor tersebut rusak, komputer anda otomatis tidak bisa di gunakan lagi. Solusinya anda bisa membongkar cpu anda dan bongkar juga motherboard untuk mendapatkan prosesor, kalau panas anda bisa menggunakan krim Thermal Pasta. Sebuha krim khusus untuk prosesor.

5. Virus Malware
Ini adalah penjahat no 1 dari komputer, virus juga bisa mematikan dan menghidupkan komputer anda. Jika di dalam komputer anda mempunyai program yang banyak dan hampir memakan hardisk anda, anda bisa unistall sebagian program anda untuk yang tidak perlunya. Karena virus sering bersarang di tempat - tempat program yang jarang di jalankan.

6. Komponen Motherboard Rusak 
Seperti yang kita tahu bahwa di bagian moherboard banyak sekali komponen komputer yang disimpan, maka dari itu jika bagian motherboard ini rusak maka komponen komputer pun akan terkena akibatnya yaitu rusak. Salah satu komponen pada motherboard yang mungkin bisa rusak adalah bagian kapasitor. Bagian kapasitor pada motherboard yang sudah lama atau sudah berumur bisa saja melemah dan mengakibatkan komputer sering restart sendiri. Ciri - ciri kapasitor akan cepat rusak adalah ada tanda menggelembung pada bagian atas kapasitor. Dan solusinya anda harus menggantinya dengan yang baru.

7. Hardisk Rusak
Selain dari komponen pada motherboard, hardisk pun yang ada di dalam CPU bisa menyebabkan komputer restart sendiri, sebuah hardisk juga terkadang bisa atau bahkan terdapat bad sector yang dimana komputer bisa hang atau tidak bisa melakukan apapun. Untuk mencegah hal tersebut terjadi anda bisa memperbaiki hardisk tersebut dengan cara scandisk atau checkdisk yang ada biasanya pada program antivirus, dan selalu men-dfrag hardisk secara rutin agar hardisk bisa awet dan tentunya menghapus file - file sisa yang tidak perlu pada hardisk.

Mungkin itu tadi ulasan untuk anda yang mempunyai komputer sering restart sendiri, sebenarnya banyak sekali alasan terjadi dari laptop atau komputer merestart sendiri, dan diatas tadi adalah tips dan juga kejadian yang sering terjadi pada beberapa komputer atau juga laptop, yang terpenting untuk menjaga laptop anda dalam keadaan bagus, anda harus tahu spesifikasi laptop atau komputer anda, dan juga jika menginstall game atau aplikasi tidak boleh lebih dari spesifikasi laptop atau komputer anda. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Solusi Untuk Komputer Yang Sering Restart Sendiri, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: Solusi Untuk Komputer Yang Sering Restart Sendiri

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 03.04 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar