7 Tips Sederhana Bagaimana Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot

Advertisement
Komputer pada zaman sekarang sangatlah penting, smenjak mesin ketik hilang para anak muda dan yang sedang kuliah ketika mereka di kelas pastinya sering di berikan tugas oleh guru ataupun dosen, oleh karenanya komputer di ciptakan untuk membantu hal tersebut. Tidak hanya membantu dalam hal kependidikan, hal yang lain juga seperti industri dan usaha komputer sangat penting sekali dalan peranannya. Akan tetapi komputer tidak akan sering berjalan mulus pastinya ada hambatan - hambatan yang mungkin akan berpengaruh pada kinerja anda.
7 Tips Sederhana Bagaimana Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot
Hambatan - hambatan tersebut bisa terjadi pada komputer anda oleh anda sendiri, mungkin anda sendiri yang kurang dalam hal menjaga performa dalam komputer anda, seperti memaksakan menginstall banyak aplikasi atau game, sedangkan Ram, memori anda sudah tidak kuat dengan aplikasi tersebut, dan pada akhirnya aplikasi atau game tersebut bisa membuat cara kerja komputer anda bisa lelet alias lemot, untuk sekedar tips saja jika anda mempunyai komputer dengan spesifikasi yang biasa saja, ada baiknaya anda tidak banyak menginstall aplikasi atau game berat. 

Seperti halnmya yang sering kita alami yaitu komputer yang loadingnya lama, dan bahakan bisa mati sendiri karena loading tersebut sangatlah lama dan lambat. Banyak faktor yang bisa menjadi pemicu terjadi nya komputer yang lambat, hal ini karena aplikasi yang anda install melebihi kapasiatas yang ada di harddrive oleh karenanya anda harus mengganti hardrie tersebut untuk kapasitas yang lebih besar. Di bawah ini adalah beberapa step untuk anda yang mempunyai komputer yang lambat dan ingin dim perbaiki.

1. Virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware, Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi. Terutama pada antivirus anda selalu di update karena semakin hari semakin virus tersebut keluar dengan versi terbaru, sedangkan antivirus anda masih yang versi lama.

2. Permasalahan masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar. Jadi lebih bagusnya anda bisa mengecek fan kipas anda sebulan sekali untuk membersihkan debu yang menempel, dan juga anda bisa menambah fan kipas anda untuk komponen lain agar selalu dingin dan normal.

3. Terlalu banyaknya program yang terinstall.
Hal ini sering terjadi ketika di beberapa komputer, terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali. Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Programdi Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut. Hal tersebut akan membantu komputer untuk segar kembali dan tidak memberatkan kinerja komputer karena hilangnya beberapa aplikasi yang tidak perlu.

4. Komputer lambat karena kekurangan Memory
Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang sudah anda tahu sebelumnya sebelum anda membeli sebuah komputer untuk anda. Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB. Agar bebearpa aplikasi bisa berjalan dengan baik dan hal tersebut juga bisa membantu menormalkan sistem komputer.

5. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang terakhir adalah sudah banyaknya file-file temporary(sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp". Cukup mudah untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup. Dengan begitu file - file sampah akan hilang pada komputer anda dan komputer anda tidak akan lambat lagi.

6. Terlalu Banyak Aplikasi
Ini adalah masalah sepele yang bisa menyebabkan komputer menjadi lemot, biasanya hal ini sering terjadi pada laptop atau komputer perempuan, bagi beberapa wanita biasanya mereka akan menginstall beberapa aplikasi yang pada dasarnya hanya akan digunakan satu kali saja dan jarang kembali digunakan. Bagi anda yang mempunyai kejadian sama seperti diatas usahakan untuk meremove atau uninstall aplikasi yang jarang terpakai di komputer atau laptop anda. Karena terkadang penumpukan aplikasi pada laptop atau komputer bisa menyebabkan terjadi laptop atau komputer menjadi lag atau lambat.

7. Spek Laptop Rendah Dari Pada Game Atau Aplikasi
Mungkin hal ini yang sering terjadi pada para gamer pada saat bermain game di dalam laptop atau komputer mereka, terkadang untuk orang awam atau tidak terlalu kenal dengan game PC terutama pada bagian system requirement, mereka akan asal saja menginstall game tersebut di dalam komputer atau laptop mereka, padahal sebenarnya game tersebut membutuhkan laptop atau komputer dengan system yang jauh lebih besar baik itu pada bagian VGA, RAM atau bagian lain, sehingga game pun tidak akan berjalan dengan baik dan terkadang bisa patah - patah dan jika dipaksakan bermain maka game akan close sendiri. Kejadian tersebut bukan laptop atau komputer anda rusak atau lemot, namun karena game tersebut membutuhkan spesifikasi laptop atau komputer yang lebih besar.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa membuat komputer anda tidak melambat lagi dalam hal memproses sesuatu, tips diatas tersebut adalah beberapa tips dari cara mempercepat komputer anda, sebenarnya masih banyak lagi tips untuk mempercepat cara kerja komputer anda, akan tetapi tips diatas adalah sebuah tips yang sering sekali digunakan, atau juga dilakukan oleh beberapa orang yang sudah ahli dalam komputer. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: 7 Tips Sederhana Bagaimana Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: 7 Tips Sederhana Bagaimana Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 03.20 Kategori:

1 komentar: