Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk Tanpa Software

Advertisement
Virus memang kendala bagi kita para penyuka komputer, virus juga akan menghalangi kita untuk bereksperimen sesuatu di dalam sebuah komputer. Banyak sekali jenis - jenis dari komputer, ada yang hanya menyembunyikan file kita sampai yang paling parah yaitu bisa merusak sistem OS kita dan kalau di biarkan hardware pun akan terkena imbasnya. Hal - hal tersebut bisa kita tanggulani dengan menggunakan antivirus, dan masalahnya antivirus sekarang banyak sekali versinya, tetapi apapun antivirusnya yang penting kita selalu mengupatenya dan selalu scanning hardisk kita.

Kali ini kita akan membahas sebuah virus yang tingkatannya rendah yaitu virus shortcut, virus ini muncul biasanya ketika laptop atau komputer dimasukan flashdisk. Karena flashdisk rawan sekali jadi sarang virus, sebetulnya flashdisk harus dalam keadaan kosong, dan jangan terlalu banyak menyimpan file di flashdisk. Virus ini menyerang komputer kita dengan menyembunyikan file sebenarnya dan di ganti dengan beberapa file shortcut yang berukuran sekitar 1kb. Jika hal tersebut tidak segera di tanggulani lama - lama file yang disembunyikan akan hilang secara permanent.
Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk Tanpa Software
Anda tidak perlu cemas atau khawatir ketika FD anda yang mulanya ada file namun pada saat di cek file tersebut hilang atau berubah menjadi Shortcut yang tidak bisa dibuka. Ketika FD anda terjadi seperti diatas, coba cek terlebih dahulu pada My Computer apakah FD anda masih ada atau tidak dengan melihat ukuran dari FD anda, jika masih ada berarti file anda masih utuh dan masih bisa diselamatkan hanya saja tertutupi dengan virus, cara di bawah ini semoga bisa menyelamatkan file penting anda dari virus Shortcut yang terkadang bisa membuat orang jengkel karena file pentingnya hilang atau tertutupi oleh virus.

Adapun cara untuk menghapus sekaligus membunuh virus tersebut, ada yang menggunakan sebuah antivirus atau hanya dengan menggunakan Command Prompt saja atau sering kita bilang dengan CMD, ini adalah sebuah mesin perintah dari bawaan window, dengan memasukan kode atau alogaritma khusus untuk memerintahkannya. CMD juga bisa digunakan untuk menghapus sebuah virus entah itu di dalam drive komputer anda atau hanya di dalam flashdisk. Untuk itu saya akan memberikan tips untuk membasmi secara bersih semua virus shortcut yang ada di komputer atau laptop anda.

Mengatasi Virus Shortcut Dengan CMD.
  1. Buka Aplikasi Command Prompt. Bisa juga melalui Run (win + r) lalu ketikkan "cmd" lalu enter .
  2. Setelah CMD terbuka, tentukan letak berada di manakah drive Flasdisk atau Hardisk anda yang terdapat file virus shortcut . C:, D:, E:, F: atau apa?. Misalkan saja di F. Ketikkan di CMD tadi "F:". Setelah itu ketikkan "dir", maka akan terlihat semua file anda.
  3. Mengetik kembali, kini masukkan "attrib –s –h –r /s /d" . Lalu Enter. Tunggu sejenak Sampai muncul F:/>.
  4. Setelah itu silakan coba hapus seluruh file shortcutnya. Selesai.
NB. Sekedar tips tambahan untuk anda jika anda ingin selalu terhindar dari virus tersebut anda harus mempunyai antivirus lokal maupun non lokal yang penting selalu diupdate dan komputer anda selalu di scanning agar virus tidak bersarang di system anda.

Selain menggunakan antivirus untuk menghilangkan virus di komputer atau di flashdisk, anda pun bisa menggunakannya dengan CMD hanya memasukan kode perintah dan virus pun hilang serta data yang tadi di sembunyikan oleh virus kembali muncul. Sebenarnya virus kebanyakan tersalurkan pada penggunaan flash disk, apalagi jika anda sering pergi ke warnet maka jangan heran jika laptop atau komputer anda tertular virus dari komputer warnet melalui penggunaan flashdisk. Oleh karena itu usahakan untuk menggunakan pelindung seperti antivirus agar virus yang ada di dalam flashdisk bisa di hapus dan laptop atau komputer pun bisa bersih dari virus.
Advertisement
Description: Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk Tanpa Software , Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk Tanpa Software

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 18.42 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar