5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Kriteria Anda

Advertisement
Ketika kita sedang berada di kelas 3 SMA pastinya anda pernah ditanya mau di lanjutin kemana sekolahnya, baik yang bertanya itu seseorang ataupun orang tua anda. Dari semau pertanyaan tersebut mungkin anda pusing memikirkannya karena anda mungkin saja belum tahu kekuatan anda dalam bidang pelajaran anda. Karena ketika masuk ke sebuah universitas anda harus mempunyai sebuah bakat atau juga anda harus punya kekuatan dalam satu bidang, kalau anda sudah mempunyainya anda tidak akan susah untuk masuk ke universitas yang ada di dalamnya jurusan yang anda sukai, dan kuasai. Karena di dalam kuliah pelajaran anda akan terus diasah semakin tinggi hingga anda menjadi master dalam sebuah pelajaran tersebut.
5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Kriteria Anda
Dan jika anda masuk ke universitas dan jurusan yang anda pilih bukan kehendak anda karena orang tua atau juga karena teman anda banyak yang masuk ke jurusan tersebut, hal tersebut akan mengganggu dan juga tidak bisa di pungkiri lagi anda akan pindah jurusan. Karena pada dasarnya kuliah adalah pilihan apa yang anda punya di perkuliahanlah bakat atau kesukaan anda dalam beberapa pelajaran akan terus diasah sampai anda bisa menjadi ahli dari salah satu jurusan yang ada di universitas tersebut. Selain itu anda bisa bertanya ke teman atau kerabat yang kuliah di sana, bagaimana perkulihaanya kalau di jurusan ini. Dengan bertanya mungkin anda bisa mendapatkan gambaran sebelum memilih jurusan tersebut.

Nah ada kekeliruan dalam hal memilih jurusan ketika seorang anak tidak tahu bakatnya atau unggulnya bagus dari mana, dan salahnya dia hanya membututi atau juga sama masuk dengan temannya karena di dalam jurusan tersebut ada temannya, dan mungkin di dalam pikirannya walaupun jurusan tersebut belum bisa dia kuasai ada harapan bahwa temannya bisa membantunya, dalam hal tersebut sangatlah salah. Karena di dalam sebuah untiversitas kita kuliah sendiri - sendiri walaupun kedepanya anda sekelas dengan temana anda, namun ketika lulus dan wisuda anda tidak akan sama dengan teman anda. Bisa saja anda yang lebih dahulu atau juga teman anda. Untuk menjegah kesalahan tersebut di bawah ini ada beberapa tips untuk anda yang akan masuk ke kuliahan dan bingung untuk memilih jurusan.

1. Pilih Jurusan Yang Benar Anda Kuasai
Sebelum memilih suatu jurusan, sebaiknya calon mahasiswa memikirkan seberapa kuat minat yang dimiliki terhadap bidang ilmu yang akan dipelajari. Memang kuliah itu minimal 4 tahun sudah keluar dari universits dan anda mendapatkan gelar, oleh karenanya anda harus mengetahui akan kekuatan anda di dalam bidang apa jangan membutui temana anda, dan juga jangan ada suruhan dari siapapun untuk memilih dari salah satu jurusan tersebut. Anda yang menjalaninya bukan orang yang menyuruh anda. Oleh sebab itu pilihlah dengan baik - baik dan juga dengan hati anda.

2. Memilih Jurusan Dengan Melihat Prospek Kedepan
Ketika anda bingung anda bisa memilih sebuah jurusan yang bisa membantu anda kedepanya setelah anda lulus nantinya. Dan juga bisa membantu anda dalam mencari kerja untuk masa depan anda. Karena kuliah juga ujung - ujungnya untuk mencari kerja dan mendapatkan uang untuk menjalani kehidupan di dunia ini.
Adanya fakta banyak sarjana mengganggur sebaiknaya dijadikan pertimbangan untuk memilih suatu jurusan. Tidak ada salahnya memilih jurusan yang memiliki peluang kerja yang cukup lebar.

3. Pililah Jurusan Yang Cocok Dengan Ekonomi Anda
Terkadang anda menyukai sebuah jurusan tersebut akan tetapi pembayaran dan segala sesuatunya sangatlah mahal menurut anda, oleh karenanya anda bisa bertanya - tanya kepda teman anda yang sedang kuliah di sana bagaimana untuk masalah uanganya. Ada suatu jurusan di perguruan tinggi yang memerlukan banyak biaya. Sebaiknya calon mahasiswa mempertimbangkan kemampuan dirinya juga orang tua untuk memenuhi semua biaya perkuliahan. Jangan sampai menjadi beban anda ketika anda kehabisan uang untuk membayar perkuliahan.

4. Pilih Jurusan Yang Mempunyai Akreditasi Yang Bagus
Memang beberapa universitas pastinya mempunyai jurusan yang unggul untuk anda pilih, akan tetapi jika jurusan yang anda pilih tersebut mempunyai nilai akreditasi yang cukup tidak bagus, sebaiknya anda jangan pilih karena, bisa jadi jurusan tersebut akan kalah dengan jurusan yang lainya yang bagus dan mungkin pengajarannya pun akan kurang kepada anda. Karena status akreditasi mencerminkan kualitas jurusan tersebut. Di sisi lain, banyak sekali lapangan pekerjaan yang memberikan syarat minimal akreditasi suatu jurusan untuk bisa melamar suatu pekerjaan.

5. Meneruskan Kuliah Karena Kemauan Sendiri
Tidak sedikit calon mahasiswa tidak memahami dengan baik mengapa mereka harus melanjutkan kuliah perguruan tinggi, mengapa dia memilih jurusan A, B, atau C, dan mengapa mereka harus memilih kampus A, B, atau C. Tanpa adanya suatu orientasi yang jelas maka tujuan kuliah akan kabur, sehingga ilmu yang didapat juga tidak maksimal. Walhasil ketika menjadi sarjana tidak sedikit dari mereka tidak mampu mengkaryakan ilmunya. Sungguh hal ini sangat ironis sekali.

6. Siapkan Jurusan Alternatif
Di dunia ini tidak ada yang sempurna bahkan jika anda sudah belajar dengan sungguh - sungguh namun nasib berkata lain anda bisa saja tidak masuk ke jurusan tersebut. Oleh karena itu usahakan untuk memilih jurusan alternatif lain selain jurusan yang anda sukai, selain itu juga universitas pun kalau bisa jangan satu saja pilihlah dua atau tiga universitas untuk jaga - jaga kalau anda tidak di terima di universitas yang pertama. Untuk pemilihan jurusan anda bisa menanyakannya ke orang tua yang memang mungkin orang tua anda pernah kuliah atau juga bisa menanyakan teman dan kerabat yang memang pernah kuliah di universitas yang ingin anda masuki.

Nah itu tadi review tentang memilih jurusan yang berguna untuk anda, yang akan masuk kesebuah perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan anda, sekedar mengingatkan saja anda jangan terpengaruh oleh teman anda atau juga perintah dari orang tua anda ketika memilih sbeuah jurusan di universitas yang akan anda masuki, tetap harus anda yang memilihnya, karena bukan orang lain yang menjelanakannya, tetapi anda sediri yang akan menjalani semua perkuliahan tersebut sampai anda mendapatkan gelar dan diwisuda. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Kriteria Anda, Rating: 4.5, Reviewer: Agus Herianto, ItemReviewed: 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Kriteria Anda

Ditulis Oleh : Agus Herianto
Hari: 17.45 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar