Cara Membersihkan Komputer dan CPU Yang Benar Dari Debu

Advertisement
Komputer adalah sebuah alat yang bisa membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan effisien, terkadang keseringan kita memakai komputer kita pun selalu tergantung kepada komputer untuk melakukan hal sesuatu, seperti mengerjakan sebua pekerjaan rumah atau PR dari sekolah untuk para siswa, akan tetapi ketika komputer kita rusak, ktapun sering dibuat jengkel akan hal itu. Oleh karena itu rawatlah dengan baik komputer anda, karena komponen kaomputer itu sangatlah rumit dan rawan akan rusak, sebetulnya ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer kita bisa rusak, dari yang internal seperti terserang sebuah virus, ataupun kotornya atau banyak debu yang ada di dalam CPU komputer kita.
Cara Membersihkan Komputer Yang Benar Dari Debu
Dan sekarang untuk membersihkan komputer dari virus anda bisa menggunakan antivirus yang banyak sekali variasinya dan keunggulannya, dan untuk membersihkan cpu yang banyak debu di dalamnya hal ini akan sedikit sulit, karena kita harus membongkar cpu kita untuk membersihkannya, terkandang memiliki CPU lebih baik dari pada memiliki laptop atau netbook. Ketika laptop dan netbook terkena debu pasti membongakr dua benda tersebu sangan susah, dan jika telah terbuka pun komponennya sangat sensitif dan harus berhati - hati. Akan tetapi berbeda dengan CPU, komponennya terlihat dan kita bisa berhati - hati ketika membersihkannya. Jika anda tertarik di bawah ini ada beberapa step untuk membersihkannya, dengan menggunakan perlatan yang sederhana, dan mudah di cari di setiap rumah.

1. Fan & heatsink CPU
Ini adalah bagian dari komputer yang berlokasi paling bawah dari cpu anda, dan tugasnya yaitu mengontrol asupan listrik agar bisa masuk ke berbagai komponen dari komputer, sama seperti jantung kita yang memberikan suply darah ke berbagai komponen di dalam tubuh kita, nah komponen ini serig menjadi sarang debu dan membuat kinerjanya akan terganggu. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan kuas bersih.  Pada bagian Fan Heatsink CPU ini, pertama – tama kita harus memisahkan kedua bagian tersebut, buka fan yang menempel pada heatsink tersebut. Bersihkan heatsink dengan lap basah yang sudah disediakan, dan untuk membersihkan fannya gunakanlah cara yang sama seperti Fan casing.

2. RAM 
Komponen ini bertugas untuk memberikan informasi ke motherbard dan langsung di tayangkan ke monitor dengan cepat, oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan ram ini, karena kalau tidak komputer kita akan sering mendapatkan hang alias loading yang lama. Untuk membersihkannya Pada bagian ini, harus dilakukan dengan hati hati agar tidak merusak bagian dari RAM tersebut, pertama – tama lepas RAM dari socketnya, gunakanlah penghapus untuk pensil. Gosok perlahan bagian pin pin ram (yang berwana emas), di gosok perlahan hingga bagian pin terlihat mengkilat. Setelah itu bersihkan socket ram tersebut dengan kuas yang kecil.

3. Hardisk
Sebenarnya komponen ini tidak di bersihkan juga tidak apa - apa akan tetapi jika tidak di bersihkan besar kemungkinan debu akan berpindah ke beberapa komponen yang lain. Untuk membersihkan sebuah hardisk cukup mudah yaitu dengan kuas yang berukuran sedang untuk membersihkannya, lalu gunakan lap basah untuk membersihkan sisa sisa debu yang menempel, hardisk adalah komponen yang sangat penting, karena semua data ada disana, baik data dari komputernya sendiri, atau juga data anda pribadi. Jadi rawatlah hardisk sesering mungkin agar hardisk awet dan berjalan dengan baik.

4. Motherboard
Selain dari 3 komponen tadi, debu di dalam komputer juga sering bersarang di bagian motherboard, yang dimana bagian ini sangat krusial sekali. Seperti yang kita ketahui bahwa motherboard adalah bagian di dalam komputer yang banyak sekali komponennya, di motherboard ada processor, memory dan yang lainnya, dan jika motherboard tidak berjalan dengan baik maka komponen lain pun tidak akan berjalan dengan benar. Oleh karena itu membersihkan debu yang ada di motherboard sangat dianjurkan sekali, untuk membersihkannya pun cukup mudah anda tinggal melepaskan baut yang ada di sekitar motherboard secara hati - hati, lalu bersihkan dengan kuas secara perlahan dan halus. Jika anda khawatir bisa merusak komponen motherboard bisa meniupnya secara perlahan menggunakan blower.

5. Power Supply Unit (PSU) 
Tidak hanya pada bagian luar saja, pan atau kipas pun ada di dalam PSU atau sering kita sebut dengan Power Supply Unit. Seperti yang kita ketahui jika pan atau kipas terhalang oleh debu maka kinerja dari kipas tersebut bisa terhalang bahkan mati tidak bisa bergerak karena saking banyaknya debu yang dimana pada akhirnya sistem akan mati karena kepanasan. Hal tersebut sama akan terjadi jika pan atau kipas di dalam PSU tidak berjalan karena debu yang menumpuk. Untuk membersihkanya pun cukup mudah anda tinggal buka casing dari PSU lalu gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu atau menggunakna kompresor dengan tekanan rendah untuk menyingkirkan debu. Jika sudah kelihatan bersih anda bisa teteskan minyak pelumas pada bagian bearing kipas agar putaran kipas lebih lancar.

Itu tadi beberapa cara untuk membersihkan komponen dari cpu yang sering menjadi sarang debu. Di bawah ini ada beberapa tips untuk anda, agar komputer anda tidak mudah di masuki oleh debu.
  • Jangan simpan cpu anda terlalu dekat dengan tembok atau yang lainnya, berikanlah ruang yang agak besar, agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.
  • CPU tidak di tempatkan di daerah yang kemungkinan besar akan terkena debu
  • Ketika sedang di besihkan jauhkanlah komponen - komponen yang akan di bersihkan, supaya debu tidak masuk lagi ke komponen lain.
  • Anda bisa mengecek dan membersihkan setiap minimal satu bulan satu kali.
Itu tadi review untuk anda yang ingin membersihkan cpu anda dari kotoran debu yang menempel di berbagai komponen komputer, terkadang kita males untuk membersihkan debu yang ada di dalam CPU, atau juga takut salah ketika membersihkannya, anda tidak perlu takut, yang terpenting jangan membersihkan yang ada di motherboard, tapi jika debu tersebut ada di motherboard juga anda harus hati - hati untuk membersihaknnya. Atau anda juga bisa membawanya ketempat sevice komputer agar aman, karena mereka sudah tahu banyak tetang seluk beluk komputer, akan tetapi resikonya anda harus membayar kerja mereka. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Cara Membersihkan Komputer dan CPU Yang Benar Dari Debu, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Cara Membersihkan Komputer dan CPU Yang Benar Dari Debu

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 02.28 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar