Tips dan Cara Bagaimana Menjadikan Anak Kita Soleh

Advertisement
Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang soleh dan berbakti kepada orang tuanya, hal tersebut bisa di wujudkan jika orang tua tersebut mendidik anakya dengan ajaran yang bagus sperti ajaran dari islam. Tetapi ada juga anak yang mungkin sudah mempunyai kodratmya begitu yaitu susah dalam hal mendidiknya. Jika anda mempunyai anak yang seperti itu anda harus extra dalam mendidiknya karena anak yang begitu kalau tidak didik dengan khusus lama - lama di akan mempunyai pikiran sendiri dan tidak mau di suruh untuk kebaikan oleh orang tuanya.
Tips dan Cara Menjadikan Anak Kita Soleh
Untuk mendapatkan anak kita soleh pada waktu dewasanya, kita sebagai orang tua ada baiknya memberikan pelajaran yang islam, walaupun dengan secara paksa, akan tetapi jangan terlalu memaksakan pada anak anda. Dengan begitu anak anda pun akan terbiasa pada waktu dewasanya, karena sudah di latih dengan sempurna pada waktu kecilnya, dari mengaji setipa harinya, dan tidak lupa mengerjakan shalat 5 waktu. Hal tersebut sangat bagus, karena kita sebagai orang tua tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, teknologi dan kebudayaan kita lambat - laun akan mengalami perubahan, dan pertanyaannya apakah berubah ke arah yang baik atau sebaliknya ke arah yang buruk. 

Banyak sekali tips untuk anda cara untuk mendidik anak anda agar menjadi anak yang soleh dan bisa membahagiakan anda di kala anda sudah tua dan anak anda sudah menjadi sukses di dunia ini. Dari yang sudah di ajarkan oleh nabi kita, dan juga sudah di jelaskan dalam ajaran Islam. Dengan ajaran islam anak kita bisa berfikir dengan positif dengan baik. Karena pengaruh dari luar sangatlah tidak baik dan sangatlah buruk. Jadi sebisa mungkina anda mengajarkan anak anda dengan penuh perasaan dan janganlah terlalu di tekan dalam hal pembelajaran.

1. Menjadi Orang Tua Yang Baik
 Hal ini sangatlah penting karena anak - anak suka sekali meniru apa yang dia lihat, jadi berbuatlah baik di hadapan anak anda, dan ajarkan sikap yang baik kepada orang lain. Dan jika anda mempunyai masalah dengan rumah tangga anda, janagnlah pertontonan obrolan anda di hadapan anak anda. Karena hal tersebut akan di ingatnya sampai di sudah dewasa.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar Anak
Anda sebegai orang tua harus memantau perkembangan anak anda baik dari segi pikirannya maupun fisiknya. Banyak sekali godaan yang sangat berbahaya dari luar kehidupan anak, dan jika anak anda di biarkan begitu saja dan tidak ada tanggapan dari anda. Anak tersebut akan menjadi sama halnya apa yang dilihat dia di luar rumahnya.

3. Ciptakan Suasana Harmonis di Rumah
Anak akan betah di rumah ketimbang main di luar jika anda bisa menyajikan suasana yang harmonis dengan anak anda, dengan istri anda juga bisa membuat komitmen untuk anak anda bagaimana mendidik anak tersebut dan segala sesuatu yang di butuhkannya. Bila keluarga tak lagi merasa hangat baginya, anak dapat melariakan diri dan berbuat dengan pelampiasan di area lain.

4. Berilah Pendidikan Islam Dengan Penuh
Anak anda ingin soleh dan berbakti pada orang tuanya, ya jelas berilah dia pengetahuan agama islam yang penuh, seperti sekolah di TPA atau kedepannya bersekolah di pesantren. Dengan begitu sifat di dalam anak tersebut telah di tanam benih islam yang kuat. Dan kedepannya dia tidak akan tergoyahkan dari luar lingkunyanya yang tidak baik.

5. Biasakanlah Bangun Pada Waktu Subuh
Mungkin anda berfikir hal ini mungkin tidak perlu di lakukan untuk anak anda, tetapi hal ini sangatlah penting baginya untuk masa depanya dan pertumbuhannya. Coba bangunkanlah anak anda waktu shubuh walaupun itu susah, dan berilah petunjuk seperti solat subuh dan belajar waktu subuh, hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang baik untuka anak anda.

6. Buat Jadwal Bermain
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa seorang anak sejatinya mempunyai dunianya sendiri yaitu bermain apalagi jika anak tersebut baru umur 1 - 5 tahun, di sinilah seorang orang tua harus membagi waktu antara bermain dan juga belajar. Tidak sedikit orang tua yang teledor atau membiarkan anaknya bermain terlalu banyak ketimbang belajar. Di umur seperti tadi anak belum terlalu banyak tahu mana yang salah dan mana yang benar, oleh karena itu tugas dari orang tua yang harus membuat anak bisa belajar namun tetap anak tersebut tidak stress karena di imbangi dengan bermain.

Mungkin itu tadi 5 tips untuk anak anda yang ingin menjadi anak yang soleh, selain pendidikan islam,anak pun harus diberikan penegtahun yang lainnya seperti yang ada di sekolahnya, akan tetapi pemberian pengetahun antara agama dan juga pengetahun di sekolahnya haruslah seimbang, agar anak bisa mengerti dengan baik, dan bisa menangkap apa yang di sampikan oleh gurunya di kelas, atau juga apa yag di jelaskan pada anak anda sendiri. Semoga artikel tadi bisa bermanfaat untuk anda, dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Tips dan Cara Bagaimana Menjadikan Anak Kita Soleh , Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Tips dan Cara Bagaimana Menjadikan Anak Kita Soleh

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 21.25 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar