Tips Gerakan Yoga Yang Baik Untuk Janin dan Ibu Hamil

Advertisement
Bagi ibu yang sedang hamil pastinya harus care pada kesehatannya sendiri agar bayi yang ada di dalam kandungan anda bisa sehat dan lahir dengan sempurna dan normal. Namun di dunia ini ada saja sesuatu yang terjadi dan tidak ada dalam rencana kita, oleh karenanya anda harus kuat menjalani kandungan tersebut. Salah satu cara untuk menguatkan body anda dari segala ganguan yang ada di luar rumah yaitu anda harus terbiasa dan rutin menjalankan Yoga, olahraga ini sangat cocok sekali bagi anda yang sekarang sedang hamil, salah satu fungsi dari yoga tersebut adalah agar kuat pertahanan bayi dan anda sendiri.
Tips Gerakan Yoga Yang Baik Untuk Janin dan Ibu Hamil
Banyak sekali ibu yang sedang hamil melakukan olahraga karena yoga memberikan anda sebuah pikiran yang rileks dan juga anda bisa tenang dan tidak mudah stress. Selain itu yoga juga membantu untuk menyesuaikan fisik kehamilan, seperti nyeri punggung, kaki membengkak, nyeri setelah melahirkan. Oleh karena banyak sekali ibu hamil yang sangat lama pemulihannya pasca melahirkan, dengan yoga anda bisa kembali beraktifitas tanpa memakan waktu yang lama sesudah melahirkan.

Anda bisa melakukan yoga pada trimester pertama, Anda bisa mengambil pose berdiri. Yang berguna untuk mengurangi kram kaki dengan meningkatkan sirkulasi darah. Saat memasuki trisemeter kedua dan ketiga lebih fokus pada meditasi dan pernapasan. Jangan biarkan overstretch pada perut dengan melakukan gerakan menekankan. Anda bisa melakukan gerakan memutar bahu dan punggung bagian atas. Untuk anda yang tertarik dengan olahraga ini, di bawah ini ada tips untuk gerakan yoga untuk ibu hamil.

1. Duduk Bersila
Sediakan matras, ambilah posisi yang nyaman menurut anda untuk bersila kaki anda. Duduk bersila merupakan tekni gerakan yoga bagi ibu hamil, sebagai pengganti gerakan inti yoga yang seharusnya berdiri. Selanjutnya lakukan gerakan sesuai yang diperagakan oleh instruktur secara perlahan dan hati-hati. Manfaat melakukan gerakan ini adalah agar otot lengan menjadi kuat, melenturkan sendi pundak yang kaku dan gerakan ini bisa memberikan anda suasana yang relaks dan tidak mudah stress jika anda mendapatkan sebuah masalah.

2. Gerakan Bebaring
Gerakan kedua adalah berbaring pada kedua kaki menumpu ke dinding. Letakkan kedua tangan pada samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Pejamkan mata supaya Anda bisa lebih rileks. Lalu tarik nafas perlahan-lahan sambil menurunkan kembali ke lantai. Gerakan ini membuat anda bisa terhindar dari varises yang sering sekali terjadi kepada wanita yang sedang hamil, dan bisa menghilangkan rasa pegal di kaki karena menopang beratnya janin yang di kandung. Dan yang paling penting bisa menyamankan perasaan anda.

3. Merangkak Dengan Kedua Siku Lurus
Ambil posisi merangkak dengan siku tangan lurus. Arahkan pandangan lurus ke depan dengan kepala terangkat dan punggung rata. Tarik nafas perlahan sambil melengkungkan punggung ke arah dalam. Lalu, hembuskan nafas perlahan sambil kembali meluruskan punggung ke posisi semula. Lakukan gerakan seperti berulang-ulang, dalam hitungan yang ditentukan. Manfaat yang bisa anda dapatkan jika melakukan gerakan ini adalah meringankan ketegangan persaan karena masa hamil dan juga mengurangi ketegangan pada otot - otot sekita perut anda, dan bisa menguatkan rahim anda. Dan mampu menghilangkan rasa pegal terutama disekitar pinggang dan panggul.

4. Posisi Anak
Dengan melakukan posisi yoga anak, membuat perasaan anda akan lebih tenang dan juga bisa memperoleh keseimbangan yang bagus. Untuk gerakannya, berlututlah dan duduk di atas tumit dengan kedua tangan berada di sisi tubuh Anda. Pada saat mengeluarkan nafas membungkuklah ke depan lalu letakan dada pada kedua lutut. Setelah itu letakkan kedua lengan sejajar dengan tubuh dan tempelkan dahi Anda ke lantai, tetaplah pada posisi tersebut sampai anda bisa merasakan relax, tenang dan lepaskan semua ketegangan pada diri anda.

5. Posisi Berbaring Miring
Terkadang ibu yang sedang hamil tingkat stress akan semakin tinggi ketika dia sedang mengandung berbeda dengan wanita yang belum hamil. Oleh karena itu gerakan yoga yang satu ini mampu untuk menenangkan pikiran anda, yaitu dengan gerakan posisi berbaring miring. Untuk melakukannya anda tempatkan terlebih dahulu lutut kanan di depan, lalu posisikan lutut kiri di belakangnya. Selanjutnya posisikan badan miring ke samping sambil menekik kedua lutut dan juga ke dua lengan, lakukan beberapa kali gerakan ini.

6. Posisi Cat/Cow
Seperti yang sudah kita ketahui berat badan seorang ibu yang sedang hamil akan bertambah seiring perutnya membesar, oleh karena itu bagi ibu hamil yang sudah masuk ke bulan - bulan akan menjelang melahirkan pasti terkadang akan terasa lelah walaupun berjalan sedikit karena berat beban pada perut yang harus ditanggung oleh seorang ibu. Selain itu juga terkadang bagian punggung akan terasa sakit jika ibu yang sedang hamil terlalu sering berjalan. Oleh karena itu pose Cat/Cow dalam yoga ini sangat membantu anda untuk meringankan sakit punggung, untuk gerakannya pun cukup mudah anda tinggal merangkak seperti kucing atau sapi dan cobalah untuk menarik secara perlahan bagian leher sampai kepala ke belakang.

Mungkin itu tadi  tiga tips untuk gerakan yoga ibu hamil, untuk kesehatan bayi anda, dan anda sendiri, berikan yang terbaik bagi bayi anda, karena masa depan keluarga anda ada di dalam genggaman tangan anak anda sendiri, selain olahraga yang bisa menyehatkan anda dan juga bayi anda dalam kandungan, nah untuk lebih lengkapnya di bawah ini ada beberapa video tutorial gerakan yoga bagi ibu yang sedang mengandung.
Terkadang faktor luar pun harus anda jaga, seperti halnya stress yang sering sekali di landa seorang wanita ketimbang pria. Stress bisa timbul karena beberapa masalah di kehidupan kita, dan stress pun bisa memicu timbulnya penyakit, sepertti sakit kepala atau yag lainya, dan jika seorang ibu yang sedang hamil mengalami stress ada baiknya anda harus refresing dan juga cari tempat yang sejuk dan bisa menenangkan pikiran anda agar tidak stress lagi. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Tips Gerakan Yoga Yang Baik Untuk Janin dan Ibu Hamil, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Tips Gerakan Yoga Yang Baik Untuk Janin dan Ibu Hamil

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 05.04 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar